Makanan Paling Hits Di Makassar

Makassar… kalian tahu ga sama kota Makassar? Karena kebetulan saya berasal dari sana maka pada kesempatan kali ini saya pengen jelasin beberapa makanan hits di Makassar yang paling banyak disukai. Makassar terkenal dengan kulinernya yang enak-enak(katanya sih) kalau kebetulan ke Makassar atau punya rencana ke Makassar. Simak artikel ini ya buat referensi berburu kuliner 😀

1. Coto Gagak

coto-gagak_20150722_152316
Coto Makassar

Kuliner pertama bernama Coto Makassar yang dapat di temui di rumah makan Coto Gagak. Coto Gagak beralamat di Gagak No.27 Mariso, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Coto Gagak ini udah terkenal banget bagi orang Makassar bahkan para artis yang berkunjung ke Makassar datang ke Coto Gagak ini terbukti dengan foto yang di pajang pemilik (ini gak bohong). Kalau berkunjung kesini harus banget mampir dan ga bakalan nyesel deh. Coto Makassar biasa di santap dengan ketupat masalah harga standar kok dan Coto Gagak ini buka 24 jam! laper tengah malem kesini aja.

2. Es Pisang ijo dan Pisang Epe

Yess… selanjutnya adalah es pisang ijo dan pisang epe. Es pisang ijo mungkin bisa di temui di daerah Telkom University tapi jauh banget darinya yang aslinya. Es pisang ijo di Makassar lebih mengenyangkan dan enak tentunya. Es Pisang ijo bisa di temui di berbagai tempat makan di Makassar harga cuma 10.000 dan di jamin puas deh. Next, pisang epe nah kalau yang satu ini makanan khas juga. Pisang epe adalah pisang yang di ‘geprek’ jadi agak pipih lalu di bakar dan untuk varian rasa beragam nih seperti rasa coklat, keju, durian atau original. Pisang epe bisa di temui di pantai losari disini pusatnya pisang epe sepanjang pantai losari banyak banget gerobak yang menjual pisang epe tinggal milih aja mau yang mana. Kalian harus coba duduk dipantai sambil makan pisang epe di jamin deh bakalan berkesan. Tips: enakan pas mau sunset jadi viewnya enak yang suka selfie monggo dicoba 😀

3. Mie titi (Mie Kering)

mie titi
Mie Titi

Wah kalau ini sih udah ga ada tandingannya. Rugi dateng ke Makassar tapi ga nyobain ini dan ga mungkin orang Makassar kalo ga pernah makan Mie Titi. Pemilik dari Mie Titi ini adalah seorang warga keturunan Cina yang tinggal di Makassar. Mie Titi adalah mie kering yang disiram kuah yang kental. Dalam Mie Titi biasanya disajikan dengan sayuran, daging ayam, udang dan bakso goreng. Harga mie titi berkisar 25 ribuan. Kalian bisa temuin mie titi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Panakkukang(depan Mall Panakkukang), Jalan Hertasning dan masih banyak cabang yang lainnya. Jadi, jangan ragu-ragu singgah ke Mie Titi ya.

4. Pallu Basa Serigala

pallu basa serigala
Pallu Basa Serigala

Pallu Basa Serigala termasuk tempat makan yang populer di Makassar. Pallu Basa berada di Jalan Serigala No.54. Sekilas daging pallu basa mirip dengan coto Makassar tapi sebenarnya berbeda yang membedakan adalah pallu basa dimakan bersama dengan nasi. Untuk harga seporsinya di mulai dari 15 ribuan, murahkan?

5. Jalangkote Lasinrang

jalangkote
Jalangkote Lasinrang

Makanan kali ini dikhususkan buat ngemil-ngemil. namanya jalangkote atau biasa dikenal dengan sebutan pastel. Jalangkote ini cocok buat cemilan atau oleh-oleh bagi yang sedang berada di Makassar untuk di bawa pulang nantinya tinggal meminta di goreng setengah matang. Yang menjual jalangkote di Makassar memang banyak dan ga terhitung tapi yang terkenal adalah Jalangkote Lasinrang yang berada di Jalan Lasinrang No.11 A atau cabangnya di Jalan Pengayoman N0.8 C. Isi dari jalangkote adalah bihun, wortel, toge, kentang, telur dan daging cincang. Ukuran juga gede sesuai harga 6rb per satu jalangkote. di jamin makan satu pasti kenyang deh.

Sebenarnya masih banyak lagi kuliner dari Makassar yang ga bisa satu-persatu saya jelasin disini. Tapi itulah beberapa kuliner yang hits di Makassar dan wajib banget untuk di coba kalau sedang berkunjung ke Makassar. Semoga bisa menjadi referensi bagi para pecinta kuliner.

Nama : Dea Krishelda
NIM    : 6701140010
Kelas   : PIS-14-03

Teknologi Web: Assessment 3

Tinggalkan komentar