WOWnya Internet of Things!

 

Internet of This(IoT), istilah baru yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan. Pertama kali mendengar istilah ini dari mata kuliah Teknologi Web di kampus. Secara singkat, IoT bisa dibilang dimana benda-benda di sekitar kita itu dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet. Hebat ga? bukan manusia aja yang bisa berkomunikasi satu sama lain, nantinya benda yang terhubung dengan internet bisa melalukannya juga!

Contoh implementasi dari IoT adalah kulkas yang bisa memberi tahu pemiliknya via SMS atau email kalau makanan yang ada di kulkas sudah habis dan harus di stok lagi. Sekarang ini udah ada lho yang ngembangin Internet of Things ini salah satunya adalah Samsung yang mengeluarkan produk mesin cuci,kulkas dan televisi yang bisa di kontrol menggunakan smartphone. Tapi bukan hanya Samsung aja yang bakalan nerapin IoT alias teknologi masa depan ini. Google, Apple dan LG disebut-sebut juga siap menerapkan Internt of Things.

kulkas samsung
Kulkas IoT Dari Samsung

Pokoknya era Internet of Things bakalan keren banget deh. Semua perangkat bakalan memiliki sensor yang bisa mengenali lingkungan sekitarnya dan mungkin aja nih IoT nantinya bisa menjadi basis smart city. Bagi yang masih penasaran dengan Internet of Things(IoT) bisa melihat contoh video di bawah ini. Di video tersebut intel menjelaskan tentang cara kerja Internet of Things dan untuk apa IoT digunakan.
semoga artikel ini bermanfaat ^^

Nama : Dea Krishelda
NIM    : 6701140010
Kelas   : PIS-14-03

Teknologi Web: Assessment 3

Tinggalkan komentar